Strategi Bisnis Jual Beli Barang Bernilai Susut dalam Perspektif Syariah

Authors

  • Kholid Tohiri STIT Misbahudin Ahmad Blitar
  • Ayu Denis Chistinawati STIE Al-Anwar Mojokerto
  • Risa Mayasari STIE Al-Anwar Mojokerto
  • Mutmainah STIE Al-Anwar Mojokerto

Keywords:

Strategi Penjualan, Bisnis Syariah, Jual Beli

Abstract

Tujuan penelitian ini guna mengetahui strategi bisnis jual beli barang bernilai susut dalam perspektif syariah. Metode yang digunakan adalah literatur review. Hasil kesimpulan bahwa penerapan strategi bisnis jual beli barang bernilai susut dalam perspektif syariah dapat menghasilkan keuntungan yang adil, transparan, dan berkelanjutan. Dengan mengedepankan prinsip-prinsip syariah seperti keadilan, transparansi, penghindaran dari gharar dan maysir, serta keberlanjutan, bisnis ini tidak hanya menciptakan transaksi yang saling menguntungkan antara penjual dan pembeli, tetapi juga memperkuat hubungan jangka panjang dan reputasi perusahaan. Implementasi skema sewa (ijarah) dan perhatian terhadap dampak sosial dan lingkungan juga dapat meningkatkan daya tarik pasar, menjadikan bisnis ini lebih stabil dan menguntungkan dalam jangka panjang.

References

Aminulloh, A. (2024). Analisis Ragam Transaksi Jual Beli Di Pasar Modern Dan Tradisional Dalam Pandangan Ekonomi Syariah. Journal of Islamic Studies, 1(5), 618-629.

Akmal, F. (2024). Analisis Praktik Jual Beli Beras Di Madura Dalam Perspektif Bisnis Islam. IQTISADIE: Journal of Islamic Banking and Shariah Economy, 4(1), 80-94.

Aisyah, S. F. (2024). Etika Bisnis Islam: Implementasi Prinsip Keadilan Dan Tanggung Jawab Dalam Ekonomi Syariah. El-Iqthisady: Jurnal Hukum Ekonomi Syariah, 49-61.

Alwi, Z. (2024). Jual Beli Thrift Online Pada Pada Kalangan Anak Muda Dalam Perspektif Islam. Jurnal Ekonomi Syariah Pelita Bangsa, 9(02), 269-280.

Hasanah, U. (2024). Analisis Akad Transaksi Jual Beli Pada Anak Usia Dini Perspektif Maslahah. Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 166-178.

Iskandar, T. A. (2024). Analisis Fiqh Muamalah Dan Fatwa Dsn Mui No. 145 Tahun 2021 Terhadap Praktik Jual Beli Online Dropshipping Di Kota Banda Aceh, Indonesia. Al-Mudharabah: Jurnal Ekonomi dan Keuangan Syariah, 5(1), 232-251.

Jasmin, S. P., & Sari, M. (2024). JUAL BELI SAHAM CRYPTO DALAM PERSPEKTIF FIQH MUAMALAH. Jurnal Al-Kharaj: Studi Ekonomi Syariah, Muamalah, dan Hukum Ekonomi, 4(1), 52-65.

Kusnandi, W., Syaipudin, L., & Luthfi, A. (2024). Strategi Penjualan dan Pemasaran dalam Bisnis Dagang Retail di Toko Agung Jaya Kunir Wonodadi Blitar. Jurnal Ilmiah Ekonomi Modern dan Tradisional, 1(1), 1-13.

Masruroh, S. (2024). Penyuluhan dan Pelatihan Tentang Akad Jual Beli dalam Perspektif Hukum Ekonomi Syariah untuk Pedagang Pasar Tradisional di Kecamatan Tegalombo Tahun 2024. Al-Fattah: Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Inovasi, 1(2), 51-55.

Muksin, A. (2024). JUAL BELI ONLINE DROPSHIPPING DALAM PERSPEKTIF FIQIH MUAMALAH KONTEMPORER. Jurnal Ekonomi Syariah Darussalam, 5(1), 123-133.

Nafsah, Z. (2023). Jual Beli Dalam Ekonomi Islam (Aplikasi Jual Beli Dalam Fiqih Dan Perbankan Syariah). Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 9(2), 2071-2079.

Nasution, N. R. (2024). JUAL BELI TERPAKSA DALAM PERSPEKTIF HUKUM ISLAM. I’tiqadiah: Jurnal Hukum dan Ilmu-ilmu Kesyariahan, 1(1), 21-38.

Nurlaeli, I. (2024). Sistem Jual Beli Online dalam Perspektif Hukum Islam: Studi Kasus di Facebook Temanggung. Economic Reviews Journal, 3(3), 2663-2669.

Putri, I. A. K., Awwalin, I. N., & Syaipudin, L. (2024). Analisis Kepatuhan Perusahaan dalam Penerapan PSAK No 16 Akuntansi Aset Tetap pada CV Wijaya Kusuma Tulungagung. Jurnal Ilmiah Akuntansi Publik, Manajemen dan Perbankan, 1(1), 22-30.

Rajemiati, R., Nurjannah, N., Ismail, I., & Nur, M. A. (2023). Sosialisasi Hukum Jual Beli di UMKM Menurut Pandangan Islam. JPMEH: Jurnal Pengabdian Masyarakat Ekonomi dan Hukum, 2(2), 68-72.

Ridlo, A. (2024). Jual Beli Tanah Yang Masih Dalam PPJB Perspektif Ekonomi Syariah. Ulumuddin: Jurnal Ilmu-ilmu Keislaman, 14(1), 41-58.

Rizal, A. (2024). BARANG–BARANG YANG DILARANG DIPERJUAL BELIKAN DALAM PERSPEKTIF HADIS. Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara, 1(2), 1288-1300.

Robbani, B. (2023). Kajian Tentang Konsep Jual Beli Dalam Perspektif Al-Qur’an Dan Hadist. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 9(2), 2047-2051.

Sinilele, A. (2024). Tinjauan Hukum Islam Terhadap Wanprestasi Jual Beli Tanah Secara Lisan di Kelurahan Karatuang Kecamatan Bantaeng Kabupaten Bantaeng. Iqtishaduna: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Hukum Ekonomi Syari'ah, 557-570.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Bisnis: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi dan R&D. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Syaipudin, L. (2023). Contribution Of Young Entrepreneurs In Building The Creative Economy Of Village Communities. IQTISHADUNA: Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita, 12(1), 80-98.

Syaipudin, L., & Awwalin, I. N. (2023). Strategi Pengembangan Produksi Home Industry Batu Ziolit Untuk Meningkatkan Omzet Penjualan Di Desa Besole Kecamatan Besuki Kabupaten Tulungagung. Journal of Economics and Business, 1(1), 35-46.

Syaipudin, L., & Luthfi, A. (2024). Pengaruh Financing to Debt Ratio dan Net Profit Margin terhadap Profitabilitas Bank Muamalat Indonesia Periode 2013-2022. Jurnal Ilmiah Akuntansi Publik, Manajemen dan Perbankan, 1(1), 10-21.

Yuliana, D., Setiadi, R., & Wahrudin, U. (2024). ANALISIS AKAD JUAL BELI PADI MENGGUNAKAN SISTEM IJON DALAM PERSPEKTIF ISLAM. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen dan Pendidikan, 5(2), 316-327.

Downloads

Published

2024-11-26

How to Cite

Tohiri, K., Chistinawati, A. D., Mayasari, R., & Mutmainah. (2024). Strategi Bisnis Jual Beli Barang Bernilai Susut dalam Perspektif Syariah. ALMAWARID: Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia Dan Alam Lintas Bidang, 1(1), 26–33. Retrieved from https://almawarid.al-anwar.id/index.php/i/article/view/4

Issue

Section

Articles